Teknologi Print Head pada Mesin Digital Printing

Kita sudah sering mendengar istilah Digital Printing. Apa saja yang terlibat dalam di dalamnya?

Pada bahasan kali ini saya akan coba sharing mengenai teknologi PRINT HEAD yang umum digunakan pada berbagai jenis Mesin Digital Printing.

Secara Umum teknologi inkjet pada Mesin Digital Printing menggunakan 2 jenis print head berdasarkan cara kerjanya. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing teknik :

 

Print Head Jenis Thermal :

Teknologi ini menggunakan Plat Metal pada cartridge akan menerima arus listrik untuk memanaskan elemen dan menyebakan tinta bergelembung / bubble. Gelembung2 ini akan memberikan tekanan pada tinta dan mendorong tinta keluar dari nozzle printhead tersebut. Saat gelembung2 itu mendingin dan mengecil maka akan terciptalah kondisi vakum  dan menarik tinta kembali ke dalam nozzle.

Cara Kerja Print Head Thermal

Proses ini berulang dengan frekwensi tinggi. Kisaran drop tinta yang bisa di peroleh bisa mencapai 4000 – 6000 kali per detik. Teknologi ini sangat effisien dalam penggunaan tinta karena drop tinta yang tidak digunakan akan masuk kembali ke tempat penampungan secara otomatis.

Pada awalnya teknologi ini di kembangkan oleh HP dan Canon. Printer yang menggunakan teknologi ini sering juga disebut sebagai Printer Bubble Jet. Kebanyakan dari Printer untuk kelas rumahan menggunakan teknologi ini termasuk HP, Canon dan Lexmark.

Contoh Gambar Print Head Thermal

 

 

Print Head Piezo Electric

Teknologi ini menggunakan kristal sebagai pembangkit sinyal listrik yang mengakibatkan getaran. Getaran inilah yang membuat tinta di keluarkan melalui nozzle pada print head ke atas media. Hal yang unik dari teknologi piezzo elektrik adalah dimungkinkannya teknologi Variable Dot di applikasikan. Variable dot ini memungkinkan kita untuk mendapatkan hasil cetak dengan detail yang lebih baik bahkan dengan printer yang menggunakan hanya 4 warna dasar.

Dibandingkan dengan teknologi thermal, jumlah nozzle yang lebih banyak pada print head dimana jelas dapat meningkatkan kualitas hasil cetak. Dengan kombinasi variable dot, maka hasil cetak pasti menjadi lebih baik sekaligus menekan konsumsi tinta pada proses pencetakan. Epson sudah mem-patenkan teknologi ini dan hanya menjual printer dengan teknologi ini sendiri.

Cara Kerja Print Head Piezo Elektrik

Cara Kerja Print Head Piezo Elektrik

Mesin Digital Printing yang menggunakan print head langsung dari Epson dan buatan JEPANG diantaranya adalah:MUTOH, ROLAND, MIMAKI selain beberapa vendor dari China yang sudah mulai mengembangkan Printer dengan menggunakan Print Head Epson seperti Twinjet, Superjet dll.

Diluar Epson sudah banyak vendor Print Head yang menggunakan Teknologi ini seperti misalnya Xaar, Spectra, Trident, Hitachi, Toshiba, Konica Minolta, Seiko dll yang sudah umum di aplikasikan pada Mesin Digital Printing

Contoh Print Head Piezo Elektrik

Kirimkan Pertanyaan anda seputar PRINT HEAD Mesin Digital Printing ke Roni Rahmat